Perdangangan internasional dan pemasaran internasional merupakan bagian dari
bisnis internasional. Dalam ilmu ekonomi perdagangan internasional
(international trade), seringkali dikaitkan dengan kegiatan ekspor impor ,
valuta asing, serta neraca perdagangan dan neraca pembayaran. Dalam kaitannya
dengan pemasaran internasional, maka dasar ekonomi teoretis perdagangan
internasional memberikan pemahaman dasar mengapa suatu negara berdagang dengan
negara lain, dan karenanya memberikan pemahaman bagi pemasar internasional
mengenai kebijakan perdagangan luar negeri suatu negara. Perdagangan
internasional juga umumnya merupakan langkah pertama bagi suatu perusahaan
untuk memasuki arena internasional.
Sementara
itu, yang dimaksud dengan pemasaran internasional adalah penerapan konsep,
prinsip, aktifitas dan proses manajemen pemasaran dalam rangka menyalurkan barang
atau jasa perusahaan ke konsumen di berbagai negara demi tercapainya
keuntungan-keuntungan tertentu. Yang membedakannya dengan pemasaran dosmetik
hanyalah pemasar menghadapi lingkungan yang asing, dengan politik, regulasi ,
budaya, persaingan dan konsumen setempat yang berbeda dengan lingkungan tempat
tinggal pemasar yang bersangkutan. Pemasaran internasional (international
market) seringkali dikaburkan dengan pemasaran asing (foreign marketing)yang
berarti kegiatan pemasaran di lingkungan yang berbeda dengan lingkungan
asalnya.
2. Alasan
Negara Melaksanakan Bisnis Internasional.
Suatu negara
melakukan perdagangan internasional karena dua alasan utama yang maisng-masing
menyumbangkan keuntungan perdagangan bagi mereka. Alasan pertama, negara-negara
berdagang karena setiap negara berbeda satu sama lain. Alasan kedua,
negara-negara berdagang satu sama lain dengan tujuan mencapai skala ekonomis
dalam produksi, maksudnya jika setiap negara menghasilkan sejumlah barang
tertentu maka mereka dapat menghasilkan barang-barang tersebut dengan skala
yang lebih besar dan karenanya lebih efisien dibandingkan jika negara tersebut
mencoba untuk memproduksi segala jenis barang.
Selain itu
melaksanakan bisnis internasional juga mendatangkan manfaat yaitu antara lain :
- Menjalin Persahabatan Antar Negara
- Memperoleh barang yang tidak dapat di produksi di negri sendiri
- Memperoleh keuntungan dari spesialisasi
- Memperluas pasar dan menambah keuntungan
- Transfer teknologi modern
itulah alasan
negara melaksanakan bisnis internasional
3.
Faktor-faktor yang mempengaruhi bisnis Internasional
Faktor – faktor Asing yang Mempengaruhi Bisnis Internasional :
1. Kompetitif : jenis dan jumlah pesaing , lokasi dan kegiatan
mereka
2. Distributif : agen nasional dan internasional yang
tersedia untuk mendistribusikan barang dan jasa.
3. Variabel ekonomi : GNP, biaya buruh perunit, dan pengeluaran
konsumsi pribadi yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan
bisnis.
4. Sosioekonomi : karakteristik dan distribusi populasi
manusia.
5. Keuangan : variable spt sukubunga, tingkat inflasi, perpajakan,
6. Legal : jenis hukum asing dan domestik yang beragam dan harus
dipatuhi oleh perusahaan internasional.
7. Fisik : unsur alam spt topografi, Iklim dan sumber alam
8. Politik : elemen politik bangsa spt nasionalisme,
bentuk pemerintahan, dan organisasi Internasional
9. Sosiokultural : sikap, kepercayaan, pendidikan,
dll
10. Buruh/Tenaga Kerja : komposisi, keahlian
11. Teknologi : keahlian dan peralatan teknis yang mempengaruhi
bagaimana sumber sumber diubah menjadi produk.
0 comments:
Post a Comment