Saturday 17 October 2015

Gambaran Umum Etika

pengertian etika menurut para ahli :

NO.
NAMA
TAHUN
KETERANGAN
1.
Abdullah
Pengantar Studi Etika (2006 : 4)
etika berdasarkan etimologinya yang berasal dari bahasa
Yunani, ethos, yang bermakna kebiasaan atau adat-istiadat.
2.
Ahmad Amin
-
etika memiki arti ilmu pengetahuan yang menjelaskan arti baik atau buruk, menerangkan apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia, menyatakan tujuan yang harus dicapai oleh manusia dalam perbuatan dan menunjukkan jalan untuk melakukan apa yang seharusnya diperbuat oleh manusia.
3.
Asmaran
Etika Profesi Hukum (2006)
Etika adalah studi mengenai tingkah laku manusia, tidak hanya menentukan kebenaran-kebenarannya sebagaimana adanya, tetapi juga menyelidiki manfaat atau kebaikan dari seluruh tingkah laku manusia.
4.
Bertens
Etika seri Filsafat Atma Jaya (1993 : 4)
Pengertian etika dalam bentuk jamak ta etha yang juga berarti adat kebiasaan.
5.
Drs. O.P. Simorangkir
-
etika atau etik dapat diartikan sebagai pandangan manusia dalam berperilaku menurut ukuran dan nilai baik.
6.
Drs. Sidi Gajabla
-
etika sebagai teori tentang tingkah laku, perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk sejauh yang dapat ditentukan oleh akal.
7.
Kamus Besar Bahasa Indonesia
1995
etika adalah nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat.
8.
Katsoff


-
Etika sebenarnya lebih banyak bersangkutan dengan prinsip-prinsip dasar pembenaran dalam hubungan tingkah laku manusia.
9.
Prof. DR. Franz Magnis Suseno
-
Etika adalah ilmu yang mencari orientasi atau ilmu yang memberikan arah dan pijakan pada tindakan manusia.
10.
Ramali dan Pamuncak
-
Etika adalah pengetahuan tentang prilaku yang benar dalam satu profesi.
11.
Riady
Filsafat Kuno dan Manajemen Modern (2008:189)
bahwa etika dalam bahasa Latin diartikan sebagai Moralis yang berasal dari kata
Mores dengan makna adat-istiadat yang realistis bukan teoritis
12.
Sumaryono
1995
Etika berasal dari istilah Yunani ethos yang mempunyai arti adat-istiadat atau kebiasaan yang baik. Bertolak dari pengertian tersebut, etika berkembang menjadi study tentang kebiasaan manusia berdasarkan kesepakatan menurut ruang dan waktu yang berbeda, yang menggambarkan perangai manusia dalam kehidupan manusia pada umumnya. Selain itu, etika juga berkembang menjadi study tentang kebenaran dan ketidakbenaran berdasarkan kodrat manusia yang diwujudkan melalui kehendak manusia.

Pengertian egois antara lain :
NO
NAMA
TAHUN
KETERANGAN
1.
-
-
Istilah "egoisme" berasal dari bahasa Yunani yakni ego yang berarti "Diri" atau "Saya", dan -isme, yang digunakan untuk menunjukkan filsafat. Dengan demikian, istilah ini etimologis berhubungan sangat erat dengan egoisme.
Jadi dalam hal ini egoisme adalah motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang hanya menguntungkan diri sendiri atau yang berarti menempatkan diri di tengah satu tujuan serta tidak peduli dengan penderitaan orang lain, termasuk yang dicintainya atau yang dianggap sebagai teman dekat. Istilah lainnya yang sangat dikenal yaitu egois.
2.
Farid Poniman, Indrawan Nugroho dan Jamil Azzaini
Kubik Leadership (2007:282)
Egois adalah orang yang hanya memikirkan diri sendiri. Dia tidak peduli pada nasib orang lain. Kecerdasan emosionalnya rendah. Dia tidak disenangi banyak orang. Bila berbicara ia tak peduli dengan perasaan orang lain. Bila ada pembagian sesuatu ia mementingkan dirinya sendiri. Ia tak pernah berpikir bahwa perbuatannya menyebabkan banyak orang yang dirugikan.
3.
Giulio Clement Scotti
satire La Monarchic des Solipses
Giulio Clement Scotti melukiskan egois dilihat dari masyarakat/orang-orang yang mencari dirinya sendiri.
4.
Hobbes
-
Hobbes membentangkan pandangan mengenai hakikat manusia. Baginya egois adalah tiap individu tidak dapat tidak mencari kepentingannya sendiri.
5.
Iskandar Putong
Teori Ekonomi Mikro : Konvensional dan Syariah (2015:23)
Egois adalah sikap yang mementingkan diri sendiri dengan mengorbankan atau tidak peduli dengan orang lain
6.
Jenny Teichman
Etika Sosial (1998:7)
Egoisme dapat dirumuskan baik dalam arti praktis maupun dalam arti teoritis. Egoisme praktis merupakan perilaku yang diwarnai cinta diri yang sistematik. Egoisme teoritis merupakan teori yang mendasarkan moralitas pada kepentingan diri.
7.
Kamus Besar Bahasa Indonesia
-
Egoisme adalah tingkah laku yang didasarkan atas dorongan untuk keuntungan diri sendiri daripada untuk kesejahteraan orang lain.
8.
Max Stirner
-
Max Stirner memandang Egoisme sebagai tujuan hidup.

Basis Teori Etika
1.      Etika Teleologi
Teleologi berasal dari bahasa Yunani yaitu telos yang memiliki arti tujuan. Dalam hal mengukur baik buruknya suatu tindakan yaitu berdasarkan tujuan yang akan dicapai atau berdasarkan akibat yang ditimbulkan dari tidakan yang telah dilakukan. Dalam tori teleologi terdapat dua aliran, yaitu.
A.    Egoisme etis
Inti pandangan dari egoisme adalah tindakan dari setiap orang pada dasarnya bertujuan untuk mengejar kepentingan pribadi dan memajukan diri sendiri.

B.     Utilitarianisme berasal dari bahasa Latin yaitu utilis yang memiliki arti bermanfaat. Menurut toeri ini, suatu perbuatan memiliki arti baik jika membawa manfaat bagi seluruh masyarakat ( The greatest happiness of the greatest number ).

2.      Deontologi
Deontologi berasal dari bahasa Yunani yaitu deon yang memiliki arti kewajiban. Jika terdapat pertanyaan “Mengapa perbuatan ini baik dan perbuatan itu harus ditolak karena buruk?”. Maka Deontologi akan menjawab “karena perbuatan pertama menjadi kewajiban kita dank arena perbuatan kedua dilarang”. Pendekatan deontologi sudah diterima oleh agama dan merupakan salah satu teori etika yang penting.

3.      Teori Hak
Dalam pemikiran moral saat ini, teori hak merupakan pendekatan yang paling banyak dipakai untuk mengevaluasi baik buruknya suatu perbuatan atau perilaku. Teori hak ini merupaka suatu aspek dari teori deontologi karena berkaitan dengan kewajiban. Hak didasarkan atas martabat manusia dan martabat semua manusia adalah sama. Oleh karena itu, hak sangat cocok dengan suasana pemikiran demokratis.

4.      Teori Keutamaan ( Virtue )
Dalam teori keutamaan memandang sikap atau akhlak seseorang. Keutamaan bisa didefinisikan sebagai disposisi watak yang telah diperoleh seseorang dan memungkinkan seseorang untuk bertingkah laku baik secara moral. Contoh sifat yang dilandaskan oleh teori keutamaan yaitu kebijaksanaan, keadilan, suka bekerja keras dan hidup yang baik.

Sumber :
repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/28268/4/Chapter%20II.pdf

5 comments:

Canon Support said...

The printer setup is not a complex task if you know the correct way to do it and when you have proper support from the printer support team. So, if you have bought a new printer and want to know about the canon printer setup, do not hesitate and ask for instant help from the experts. Their guidance can help you to avoid common printer related issues which mostly all the users face due to some common mistakes at the time of installation. Install your printer in the presence of a printer support team and enjoy printing flawlessly. To avail instant help, contact the support team via a quick call, email, or live chat with the professionals online.

harryparker0123 said...
This comment has been removed by the author.
harryparker0123 said...

Error 15106 usually appears when the user is not able to launch QuickBooks after the payroll update. The reason behind QuickBooks error 15106 is the presence of a spy sweeper in your system or you might not have logged in as an administrator. Here are the troubleshooting steps that you can take to eliminate QuickBooks error code 15106.
1. Firstly, you will have to uninstall the spy sweeper from your system. For that, you will have to go to the add or remove programs menu in your system, scroll the list and locate spy sweeper. Now click uninstall beneath the spy sweeper program
2. The next step includes logging in as an administrator or using another account that has full admin privileges.
3. You may also try to reset the update If you are already logged in as an administrator or couldn’t find a spy sweeper in your system. Go to C:\ProgramFiles\CommonFiles\Intuit\QuickBooks\Components, locate the folder downloadQB, and add old after the extension.

printersupportnumber said...

Nice Post...
There is no particular way to install an HP printer. If you don’t want to face any issues while printing from your printer, follow HP Printer Installation guide given on the official website or www.123.hp.com/setup. Follow the step by step guidelines given by the experts and reach the printer support team if you have any queries while following the process. This is the best way to set up your printer and install the drivers which are compatible with your printer model and your system.

msofficesetups said...

Nice Post...
Get Help With Office.com/setup | Office Setup Help
Bought a new Office product or thinking to get one? Whatever is the case, you are going to need help with it all. You can buy MS Office from any trusted eCommerce site or the Microsoft website itself. Once, you have the subscription, visit office.com/setup to get started with your product. There you would need to create and sign in to your Office account, enter the Office product key, and then you can download and install the product on your device. After installing the setup, you can activate your Office by signing into your Office account from any Office application. That’s all! Now you can access your Office tool on your computer without any issue. However, if you happen to get any error or any other problem, feel free to visit our Office Setup Help portal for solutions.

Post a Comment